Jumat, 20 Maret 2009

Contoh Rencana Bisnis

oleh : Nia Atmadianing Meigawati
prodi : Manajemen, S1
Fakultas : Ekonomi
UNIVERSTITAS NEGERI SEMARANG

1. Diskripsi Usulan Bisnis

Bisnis yang saya rencanakan ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang karena saat ini tekhnologi semakin berkembang dan maju. Makin berkembang dan majunya tekhnologi khususnya di bidang komunikasi mendorong saya untuk mendirikan bsinis yang bergerak di bidang computer dan celuller. Di bidang computer saya akan menyediakan jasa jual-beli computer, rental computer (pengetikan, print, scanner, cetak foto), service computer, internet, game online, accessories computer dan perakitan computer. Sedangkan di bidang celuller saya akan melayani jual-beli handphone, isi pulsa, isi lagu, kredit handphone, accessories handphone, service handphone serta jual beli perdana dan voucher. Selain itu saya juga melayani gadai barang-barang elektronik.

Bisnis ini sangat menguntungkan mengingat masih sedikit orang yang berani membuka bisnis yang melayani kredit handphone dan gadai barang-barang elektronik. Sedangkan banyak masyarakat yang membutuhkan handphone sebagai alat komunikasi, akan tetapi tidak mampu membelinya. Masyarakat juga dapat menggadaikan barang-barang elektroniknya seandainya mereka membutuhkan uang. Bisnis ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan karena bisnis membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit.

2. Perkiraan Atas Lingkungan Bisnis

a. Lingkungan Ekonomi

Kondisi ekonomi Negara saat ini mempengaruhi penjualan produk bisnis yang saya jalankan. Naiknya harga kebutuhan pokok dan harga BBM yang masih naik turun dan tidak stabil mengakibatkan penjualan semakin menurun karena pihak yang akan membeli jasa dan produk dari bisnis saya harus berfikir ulang dan lebih memprioritaskan kebutuhan pokok. Akan tetapi saya tidak akan menyerah dan akan tetap memberikan penawaran akan pentingnya komunikasi dan tekhnologi dalam kehidupan sekarang ini, sehingga penjualan akan kembali berjalan dengan lancar.

b. Lingkungan Industri

Persaingan dalam bisnis computer dan celuller ini memang cukup sulit mengingatbanyaknya rental dan celuller yang didirikan. Akan tetapi mengingat bisnis saya yang tidak hanya berpatok pada rental dan celuller saja maka bisnis saya tetap dapat berjalan dengan lancer. Meskipun begitu, saya akan tetap melakuakn berbagai usaha agar pihak-pihak yang membutuhkan jasa di bidang computer dan celuller membeli jasa danbarang dari bisnis yang saya jalankan

c. Lingkungan Global

Untuk meningkatkan bisnis computer dan celuller ini, saya akan melakukan inovasi-inovasi baru yang dapat meningkatkan usaha saya. Dengan jalan memesan software program computer yang terbaru melalui internet agar usaha saya dapat lebih maju.

3. Rencana Manajemen

a. Struktur Organisasi

Struktur organisasi dari bisnis yangs aya rencanakan ini masih sederhana karena bisnis ini termasuk usaha perseorangan. Bagan organisasinya adalah sebagai berikut ini.

b. Proses Produksi

Saya memilih daerah Blora sebagai tempat bisnis saya karena di daerah ini belum banyak yang menjalankan bisnis seperti yang saya tawarkan. Bisnis ini akan memproduksi jasa di bidang computer dan celuller. Fasilitas yang diperlukan untuk melayani jasa computer dan celuller ini adalah

a. Computer yang terdiri dari :

· tiga unit untuk keperluan rental

· sembilan unit untuk keperluan internet dan game online

· satu unit untuk celuller

b. Handphone

c. Printer untuk menunjang rental computer dan cetak foto

d. Kertas berbagai ukuran serta kertas foto yang digunakan untuk mendukung rental computer dan cetak foto

e. Earphone utnuk keperluan rental, internet dan celuller

f. Scanner

g. Etalase yang terdiri dari

· Satu etalase untuk computer yang akan digunakan untuk meletakkan accessories computer dan segala yang behubungan dengan computer.

· Tiga etalase yang akan digunakan untuk meletakkan handphone baru dan second, perdana dan voucher fisik serta accessories handphone.

c. Pengelolaan Karyawan (MSDM)

Karena bisnis yang saya jalankan bentuk kepemilikan bisnisnya adalah usaha perseorangan maka saya tidak terlalu membutuhkan karyawan yang terlalu banyak.

· Ahli Computer : 1 orang

· Teknisi Handphone : 1 orang

· Crew untuk counter : 2 orang

· Crew untuk computer : 3 orang

1. Cara Perekrutan

Saya akan merekrut tenaga kerja yang berpengalaman yang masing-masing akan saya seleksi sendiri dengan lebih memprioritaskan pengambilan tenaga kerja dari daerah saya. Hal ini saya lakukan karena banyak penduduk daerah Blora yang memiliki kemampuan dan skill tapi belum mendapatkan pekerjaan. Kemudian tenaga kerja itu akan saya bagi menjadi tenaga ahli computer, teknisi handphone, dan crew yang akan melayani pelanggan saya.

2. Cara Penyeleksian

Setelah calon karyawan telah direkrut saya akan menyeleksi lagi dengan meminta mereka untuk melayani pelanggan langsung. Kemudian disitu saya akan mencermati cara kerja mereka dan saya akan memilih karyawan yang cara pelayanan serta penguasaan mereka terhadap handphone dan computer yang paling bagus. Dengan begitu saya akan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

3. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan akan saya lakukan agar kinerja mereka semakin baik dan berkembang. Dengan semakin berkembangnya kinerja mereka otomatis pelanggan akan puas dan keuntungan yang akan saya dapatkan pun lebih banyak

4. Rencana Kompensasi Karyawan

Memberikan perlakuan yang sama kepada semua karyawan agar tidak menimbulkan kecemburuan social, mendengarkan keluhan karyawan, serta memberikan gaji pada waktunya dan juga memeberikan THR maupun tunjangan lain dari keuntungan yang diperoleh dan memberikan bonus sesuai dengan prestasi karyawan. Saya juga akan memotivasi karyawan saya. Dengan perlakuan yang baik dan pemberian motivasi pada karyawan maka karyawan akan merasa nyaman dan senang. Sehingga dengan sendirinya mereka akan meningkatkan kinerja kerja mereka menjadi lebih baik lagi.

4. Rencana Pemasaaran

a. Target Pasar

Pelanggan yang menjadi target dari bisnis ini adalah para pelajar, mahasiswa dan orangtua yang membutuhkan barang dan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Akan tetapi saya juga tidak menutup kemungkinan untuk berbagai kalangan yang membutuhkan jasa dari bisnis kami.

b. Karakteristik Produk

Bisnis yang akan saya tawarkan ini sangat menguntungkan mengingat masih sedikit pesaing yang berani menawarkan jasa seperti bisnis saya. Yang membedakan bisnis saya dengan yang pesaing yang lain adalah

1. Adanya gadai alat-alat elektronik

Dengan adanya gadai alat-alat elektronik pelanggan akan lebih mudah menukarkan alat-alat elektronik mereka dalam jangka waktu sementara untuk ditukarkan dengan sejumlah uang. Alat-alat elektronik yang biasanya digadaikan oleh pelanggan adalah kamera digital, handphone, handycame, mp3, mp4, dll. Dengan syarat alat-alat elektronik tersebut ditukar dengan uang maksimal separuh harga dari alat-alat elektronik yang akan digadaikan serta harus membayar bunga dan pinjaman uang ketika akan mengambil alat-alat elektronik yang digadaikan. Bila telah jatuh tempo sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati namun alat elektronik yang telah digadaikan belum diambil dan pelanggan tidak memperpanjang waktu peminjaman uang maka alat elektronik yang telah digadaikan akan menjadi milik saya.

2. Adanya kredit handphone

Saya melayani kredit handphone dengan persyaratan fotokopi Kartu Tanda Penduduk suami-istri, fotokopi Kartu Keluarga, menyerahkan BPKB motor asli, materai senilai Rp 6.000,00 dan mengisi formulir permintaan kredit handphone yang sudah saya sediakan. Adapun handphone yang dapat dikredit adalah handphone yang baru mengingat kualitasnya masih terjamin karena masih di dalam segel. Namun saya juga tidak menutup kemungkinan untuk mengkreditkan handphone second/bekas, akan tetapi bila ada kerusakan dan kualitasnya tidak bagus bukan menjadi tanggungjawab kami sepenuhnya. Pembayaran kredit dilakukan maksimal 5 bulan.

c. Penentuan Harga

Harga akan saya tentukan dengan melihat permintaan pasar dan dari harga pesaing bisnis saya. Selain itu saya juga memperhatikan harga yang ditawarkan oleh distributor barang dan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Kemudian akan saya padukan sehingga akan ditemukan harga yang sesuai dengan kondisi masyarakat dan saya akan tetap mendapat keuntungan.

d. Distribusi

Distribusi yang saya lakukan adalah secara langsung dimana pelanggan mengambil sendiri barang dan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Sehingga pelanggan dapat langsung mengetahui kualitas dan mutu dari produk yang saya tawarkan. Hal ini dimasudkan untuk menghindari kekecewaan pelanggan terhadap produk kami.

e. Promosi

Media promosi yang saya gunakan adalah media cetak, reklame yang dipasang di tempat umum, selebaran dan brosur serta omongan dari mulut ke mulut. Dengan media cetak informasi mengenai bisnis yang saya jalankan akan cepat samapi pada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui dan dapat membeli barang dan jasa yang saya tawarkan.

5. Rencana Keuangan

a. Bagaimana Bisnis didanai

Dana dalam menjalankan bisnis ini adalah modal pribadi dari pemilik dan juga pinjaman dari pihak lain apabila belum mencukupi. Sehingga akan mendapatkan cukup dana yang akan digunakan untuk modal usaha.

b. Kelayakan Bisnis

Bisnis ini sangat layak karena sangat menguntungkan meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar. Akan tetapi keuntungan yang didapatkan juga lebih banyak dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang menuntut masyarakat untuk dapat menguasai tekhnologi seperti computer dan mempunyai gadget untuk mempermudah komunikasi. Dengan begitu pendapatan yang masuk pun lebih banyak daripada biaya yang dikeluarkan.

c. Perkiraan Keuntungan dan Biaya

Jumlah dana yang dibutuhkan ± Rp. 88.600.000,-

Cara mendapatkan modal :

1. Modal Sendiri Rp. 60.000.000,-

2. Modal Pinjaman Rp. 40.000.000,-

Dari modal yang diperoleh akan digunakan untuk

Biaya yang dikeluarkan selama 1 tahun

No

Keperluan

Biaya

1.

2.

3.

4.

Sewa Tempat

Peralatan

Gaji Karyawan

Perlengkapan

Rp 5.000.000,-

Rp 10.000.000,-

Rp 33.600.000,-
Rp 40.000.000,-

Total

Rp 88.600.000,-

Pendapatan yang diperkirakan selama satu tahun

Penjualan jasa dan barang :

1. Rental Rp 2.400.000,-

2. Internet dan Game online Rp 8.400.000,-

3. Isi Pulsa Rp 42.000.000,-

4. Isi Lagu Rp 840.000,-

5. Kredit Handphone Rp 18.000.000,-

6. Jual beli handphone Rp 36.000.000,-

7. lain-lain Rp 30.000.000,-

+

Rp 117.640.000,-

Keuntungan yang didapat :

Pendapatan Rp 137.640.000,-

Pengeluaran Rp 88.600.000,-

-

Laba Rp 49.040.000,-

Pendapatan tiap bulan :

Rp 49.040.000

= Rp 4.086.666,-

12

2 komentar:

  1. mau nanya nich...kalau Rp 117.640.000 itu dari mana yaa

    BalasHapus
  2. bagan strukturnya mana kak ? kok gx kelihatan .

    BalasHapus