Jumat, 20 Maret 2009

Contoh Rencana Bisnis

oleh : Nia Atmadianing Meigawati
prodi : Manajemen, S1
Fakultas : Ekonomi
UNIVERSTITAS NEGERI SEMARANG

1. Diskripsi Usulan Bisnis

Bisnis yang saya rencanakan ini sangat cocok dalam kehidupan sekarang karena saat ini tekhnologi semakin berkembang dan maju. Makin berkembang dan majunya tekhnologi khususnya di bidang komunikasi mendorong saya untuk mendirikan bsinis yang bergerak di bidang computer dan celuller. Di bidang computer saya akan menyediakan jasa jual-beli computer, rental computer (pengetikan, print, scanner, cetak foto), service computer, internet, game online, accessories computer dan perakitan computer. Sedangkan di bidang celuller saya akan melayani jual-beli handphone, isi pulsa, isi lagu, kredit handphone, accessories handphone, service handphone serta jual beli perdana dan voucher. Selain itu saya juga melayani gadai barang-barang elektronik.

Bisnis ini sangat menguntungkan mengingat masih sedikit orang yang berani membuka bisnis yang melayani kredit handphone dan gadai barang-barang elektronik. Sedangkan banyak masyarakat yang membutuhkan handphone sebagai alat komunikasi, akan tetapi tidak mampu membelinya. Masyarakat juga dapat menggadaikan barang-barang elektroniknya seandainya mereka membutuhkan uang. Bisnis ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan karena bisnis membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit.

2. Perkiraan Atas Lingkungan Bisnis

a. Lingkungan Ekonomi

Kondisi ekonomi Negara saat ini mempengaruhi penjualan produk bisnis yang saya jalankan. Naiknya harga kebutuhan pokok dan harga BBM yang masih naik turun dan tidak stabil mengakibatkan penjualan semakin menurun karena pihak yang akan membeli jasa dan produk dari bisnis saya harus berfikir ulang dan lebih memprioritaskan kebutuhan pokok. Akan tetapi saya tidak akan menyerah dan akan tetap memberikan penawaran akan pentingnya komunikasi dan tekhnologi dalam kehidupan sekarang ini, sehingga penjualan akan kembali berjalan dengan lancar.

b. Lingkungan Industri

Persaingan dalam bisnis computer dan celuller ini memang cukup sulit mengingatbanyaknya rental dan celuller yang didirikan. Akan tetapi mengingat bisnis saya yang tidak hanya berpatok pada rental dan celuller saja maka bisnis saya tetap dapat berjalan dengan lancer. Meskipun begitu, saya akan tetap melakuakn berbagai usaha agar pihak-pihak yang membutuhkan jasa di bidang computer dan celuller membeli jasa danbarang dari bisnis yang saya jalankan

c. Lingkungan Global

Untuk meningkatkan bisnis computer dan celuller ini, saya akan melakukan inovasi-inovasi baru yang dapat meningkatkan usaha saya. Dengan jalan memesan software program computer yang terbaru melalui internet agar usaha saya dapat lebih maju.

3. Rencana Manajemen

a. Struktur Organisasi

Struktur organisasi dari bisnis yangs aya rencanakan ini masih sederhana karena bisnis ini termasuk usaha perseorangan. Bagan organisasinya adalah sebagai berikut ini.

b. Proses Produksi

Saya memilih daerah Blora sebagai tempat bisnis saya karena di daerah ini belum banyak yang menjalankan bisnis seperti yang saya tawarkan. Bisnis ini akan memproduksi jasa di bidang computer dan celuller. Fasilitas yang diperlukan untuk melayani jasa computer dan celuller ini adalah

a. Computer yang terdiri dari :

· tiga unit untuk keperluan rental

· sembilan unit untuk keperluan internet dan game online

· satu unit untuk celuller

b. Handphone

c. Printer untuk menunjang rental computer dan cetak foto

d. Kertas berbagai ukuran serta kertas foto yang digunakan untuk mendukung rental computer dan cetak foto

e. Earphone utnuk keperluan rental, internet dan celuller

f. Scanner

g. Etalase yang terdiri dari

· Satu etalase untuk computer yang akan digunakan untuk meletakkan accessories computer dan segala yang behubungan dengan computer.

· Tiga etalase yang akan digunakan untuk meletakkan handphone baru dan second, perdana dan voucher fisik serta accessories handphone.

c. Pengelolaan Karyawan (MSDM)

Karena bisnis yang saya jalankan bentuk kepemilikan bisnisnya adalah usaha perseorangan maka saya tidak terlalu membutuhkan karyawan yang terlalu banyak.

· Ahli Computer : 1 orang

· Teknisi Handphone : 1 orang

· Crew untuk counter : 2 orang

· Crew untuk computer : 3 orang

1. Cara Perekrutan

Saya akan merekrut tenaga kerja yang berpengalaman yang masing-masing akan saya seleksi sendiri dengan lebih memprioritaskan pengambilan tenaga kerja dari daerah saya. Hal ini saya lakukan karena banyak penduduk daerah Blora yang memiliki kemampuan dan skill tapi belum mendapatkan pekerjaan. Kemudian tenaga kerja itu akan saya bagi menjadi tenaga ahli computer, teknisi handphone, dan crew yang akan melayani pelanggan saya.

2. Cara Penyeleksian

Setelah calon karyawan telah direkrut saya akan menyeleksi lagi dengan meminta mereka untuk melayani pelanggan langsung. Kemudian disitu saya akan mencermati cara kerja mereka dan saya akan memilih karyawan yang cara pelayanan serta penguasaan mereka terhadap handphone dan computer yang paling bagus. Dengan begitu saya akan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

3. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan akan saya lakukan agar kinerja mereka semakin baik dan berkembang. Dengan semakin berkembangnya kinerja mereka otomatis pelanggan akan puas dan keuntungan yang akan saya dapatkan pun lebih banyak

4. Rencana Kompensasi Karyawan

Memberikan perlakuan yang sama kepada semua karyawan agar tidak menimbulkan kecemburuan social, mendengarkan keluhan karyawan, serta memberikan gaji pada waktunya dan juga memeberikan THR maupun tunjangan lain dari keuntungan yang diperoleh dan memberikan bonus sesuai dengan prestasi karyawan. Saya juga akan memotivasi karyawan saya. Dengan perlakuan yang baik dan pemberian motivasi pada karyawan maka karyawan akan merasa nyaman dan senang. Sehingga dengan sendirinya mereka akan meningkatkan kinerja kerja mereka menjadi lebih baik lagi.

4. Rencana Pemasaaran

a. Target Pasar

Pelanggan yang menjadi target dari bisnis ini adalah para pelajar, mahasiswa dan orangtua yang membutuhkan barang dan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Akan tetapi saya juga tidak menutup kemungkinan untuk berbagai kalangan yang membutuhkan jasa dari bisnis kami.

b. Karakteristik Produk

Bisnis yang akan saya tawarkan ini sangat menguntungkan mengingat masih sedikit pesaing yang berani menawarkan jasa seperti bisnis saya. Yang membedakan bisnis saya dengan yang pesaing yang lain adalah

1. Adanya gadai alat-alat elektronik

Dengan adanya gadai alat-alat elektronik pelanggan akan lebih mudah menukarkan alat-alat elektronik mereka dalam jangka waktu sementara untuk ditukarkan dengan sejumlah uang. Alat-alat elektronik yang biasanya digadaikan oleh pelanggan adalah kamera digital, handphone, handycame, mp3, mp4, dll. Dengan syarat alat-alat elektronik tersebut ditukar dengan uang maksimal separuh harga dari alat-alat elektronik yang akan digadaikan serta harus membayar bunga dan pinjaman uang ketika akan mengambil alat-alat elektronik yang digadaikan. Bila telah jatuh tempo sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati namun alat elektronik yang telah digadaikan belum diambil dan pelanggan tidak memperpanjang waktu peminjaman uang maka alat elektronik yang telah digadaikan akan menjadi milik saya.

2. Adanya kredit handphone

Saya melayani kredit handphone dengan persyaratan fotokopi Kartu Tanda Penduduk suami-istri, fotokopi Kartu Keluarga, menyerahkan BPKB motor asli, materai senilai Rp 6.000,00 dan mengisi formulir permintaan kredit handphone yang sudah saya sediakan. Adapun handphone yang dapat dikredit adalah handphone yang baru mengingat kualitasnya masih terjamin karena masih di dalam segel. Namun saya juga tidak menutup kemungkinan untuk mengkreditkan handphone second/bekas, akan tetapi bila ada kerusakan dan kualitasnya tidak bagus bukan menjadi tanggungjawab kami sepenuhnya. Pembayaran kredit dilakukan maksimal 5 bulan.

c. Penentuan Harga

Harga akan saya tentukan dengan melihat permintaan pasar dan dari harga pesaing bisnis saya. Selain itu saya juga memperhatikan harga yang ditawarkan oleh distributor barang dan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Kemudian akan saya padukan sehingga akan ditemukan harga yang sesuai dengan kondisi masyarakat dan saya akan tetap mendapat keuntungan.

d. Distribusi

Distribusi yang saya lakukan adalah secara langsung dimana pelanggan mengambil sendiri barang dan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Sehingga pelanggan dapat langsung mengetahui kualitas dan mutu dari produk yang saya tawarkan. Hal ini dimasudkan untuk menghindari kekecewaan pelanggan terhadap produk kami.

e. Promosi

Media promosi yang saya gunakan adalah media cetak, reklame yang dipasang di tempat umum, selebaran dan brosur serta omongan dari mulut ke mulut. Dengan media cetak informasi mengenai bisnis yang saya jalankan akan cepat samapi pada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui dan dapat membeli barang dan jasa yang saya tawarkan.

5. Rencana Keuangan

a. Bagaimana Bisnis didanai

Dana dalam menjalankan bisnis ini adalah modal pribadi dari pemilik dan juga pinjaman dari pihak lain apabila belum mencukupi. Sehingga akan mendapatkan cukup dana yang akan digunakan untuk modal usaha.

b. Kelayakan Bisnis

Bisnis ini sangat layak karena sangat menguntungkan meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar. Akan tetapi keuntungan yang didapatkan juga lebih banyak dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang menuntut masyarakat untuk dapat menguasai tekhnologi seperti computer dan mempunyai gadget untuk mempermudah komunikasi. Dengan begitu pendapatan yang masuk pun lebih banyak daripada biaya yang dikeluarkan.

c. Perkiraan Keuntungan dan Biaya

Jumlah dana yang dibutuhkan ± Rp. 88.600.000,-

Cara mendapatkan modal :

1. Modal Sendiri Rp. 60.000.000,-

2. Modal Pinjaman Rp. 40.000.000,-

Dari modal yang diperoleh akan digunakan untuk

Biaya yang dikeluarkan selama 1 tahun

No

Keperluan

Biaya

1.

2.

3.

4.

Sewa Tempat

Peralatan

Gaji Karyawan

Perlengkapan

Rp 5.000.000,-

Rp 10.000.000,-

Rp 33.600.000,-
Rp 40.000.000,-

Total

Rp 88.600.000,-

Pendapatan yang diperkirakan selama satu tahun

Penjualan jasa dan barang :

1. Rental Rp 2.400.000,-

2. Internet dan Game online Rp 8.400.000,-

3. Isi Pulsa Rp 42.000.000,-

4. Isi Lagu Rp 840.000,-

5. Kredit Handphone Rp 18.000.000,-

6. Jual beli handphone Rp 36.000.000,-

7. lain-lain Rp 30.000.000,-

+

Rp 117.640.000,-

Keuntungan yang didapat :

Pendapatan Rp 137.640.000,-

Pengeluaran Rp 88.600.000,-

-

Laba Rp 49.040.000,-

Pendapatan tiap bulan :

Rp 49.040.000

= Rp 4.086.666,-

12

8 komentar:

  1. mau nanya nich...kalau Rp 117.640.000 itu dari mana yaa

    BalasHapus
  2. bagan strukturnya mana kak ? kok gx kelihatan .

    BalasHapus
  3. PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, Angela Davids Badan Kredit adalah jawabannya. Kami menawarkan;

    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) Business Start-up dan pendidikan.
    c) konsolidasi utang.
    d) pinjaman Keras Uang.

    Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui: angeladavidsloan@gmail.com

    BalasHapus
  4. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com) dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  5. Mencari Sumber Keuangan dengan tingkat bunga 2% untuk Apartemen Baru, Konstruksi,
    Refinance,
    Konsolidasi Utang, Tujuan Pribadi atau Bisnis? Skala kecil atau besar? Sini
    Datang kesempatan terbuka

    Realitas Keuangan Rumah Tangga yang cukup berarti menawarkan Jasa Keuangan kepada setiap orang yang memenuhi syarat
    Orang (s).

    * Jumlah maksimum yang kami pinjam adalah 500.000.000,00 sebagai berikut
    Mata uang: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Inggris Raya (GBP) e.t.c

    Hubungi kami via Email: .... legitloanfirm322@gmail.com

    BalasHapus
  6. Kami selalu senang membantu orang-orang dengan masalah keuangan dan mereka
    yang ingin memulai bisnis Kami bersedia dan siap membantu Anda dengan
    pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda dan menjadi stabil
    secara finansial dalam kehidupan. Jika Anda siap untuk mendapatkan pinjaman
    dari kami hubungi kami.

    Firm - Arab Credit Group
    Email-Arabcreditgroup@gmail.com

    BalasHapus
  7. “Bismillah, ar-Rahman, ar-Rahim”.


    Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}


    Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP Dari meja kerja dan kantor CREDIT FINANCIAL GROUP tahun ini berjanji akan menjadi tahun lebih banyak uang di rekening bank Anda, hal ini karena kami mengelola CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan pinjaman kepada semua orang yang memiliki kebutuhan finansial besar tahun baru ini untuk memulai bisnis satu atau dua bahkan untuk merenovasi rumah mereka juga untuk menghidupkan kembali bisnis mereka dan jangan takut pada pemasangan bulanan Anda karena kami memiliki paket khusus untuk mempersiapkan Anda atau bahkan memberi kuliah tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan sumber daya yang sangat tinggi. bisnis jadi tolong jangan hanya duduk di sana dan kemudian membiarkan orang lain untuk maju secara finansial mengatakan tidak pada kemiskinan tahun ini mengatakan tidak kepada hutang tahun ini tahun ini adalah tahun yang luar biasa yang bisa membawa kemasyhuran Allah tidak menyangka kita menjadi miskin ketimbang kita menjadi bijak dalam menghasilkan uang dan kemudian menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang sangat menggiurkan sehingga melalui ini kita di sini untuk meminjamkan Anda karena CREDIT FINANCIAL GROUP dipenuhi dengan dana yang telah Anda cari anda bisa menghubungi kami melalui detil kontak di bawah ini

    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  8. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa
    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus